Skip to main content

Daftar Wisata Menarik Kalimantan (Kalimantan Travel Guide)

Borneo Extravaganza, Kalimantan Travel Guide

CITIZENANGLE-Primadona wisata Indonesia barangkali bukan hanya Bali. Banyak daerah lain yang juga memiliki potensi untuk dieksplore lebih dalam, salah satunya adalah Kalimantan.

Melalui pameran pariwisata Borneo Extravaganza 2015, Pemerintah RI bakal menghadirkan keunikan dan potensi wisata Borneo tersebut di Bandung Indah Plaza, Kota Bandung, Jawa Barat pada 27-29 November 2015.

Pameran ini bisa saja menjadi rujukan para Traveller baik dari dalam maupun luar negeri. Para pelancong yang hobi melakukan Travelling dengan destinasi wisata Indonesia akan berkenalan dengan keunikan batu permata, kerajinan tangan, obat tradisional, dan kesenian daerah melalui pameran ke tujuh tersebut.

"Borneo Extravaganza sudah tiap tahun dilaksanakan. Dulunya dua tahun sekali," kata Assisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Raseno Arya, sebagaimana diberitakan Kompas.com, Senin 16 November 2015.

Meski cakupannya bisa saja meluas, namun nampaknya target utama dalam pameran ini adalah kunjungan wisatawan nusantara. Raseno Arya juga menyatakan bahwa pameran ini untuk menarik kunjungan terutama wisatawan nusantara.
ilustrasi/akarmediadotcom/image
Berkaca pada penyelenggaraan acara serupa di tahun 2014 di Bali, target promosi melalui pameran pun dianggap cukup tepat. "Kalimantan sudah benar mencari target jadi promosi wisata di luar (Kalimantan)," jelasnya.

Pameran pariwisata Borneo Extravaganza 2015 adalah acara yang digelar atas hasil kerja sama Kementerian Pariwisata dengan Pemerintah Provinsi se-Kalimantan yakni Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan. Praktis, materi pameran adalah potensi wisata dari lima provinsi se-Kalimantan.

Paket-paket wisata Kalimantan pun akan dihadirkan. Ada delapan Biro Perjalanan Wisata (BPW) yang bakal terlibat dalam event ini. Pertunjukan seni budaya di ajang pameran pariwisata pun akan ditampilkan di panggung setiap hari selama pameran mulai pukul 12.00-14.00 dan pukul 19.00-21.00.

Mulai dari atraksi budaya Dayak, Tionghoa, hingga Kalimantan. Kepala Penyelenggara Borneo Extravaganza 2015, Samsul Bahri, bahkan menyatakan pengunjung dapat menikmati suguhan pameran tersebut secara gratis.

"Pengunjung juga bisa beli paket-paket wisata Kalimantan dari Travel Agent di pameran," jelasnya. Sebelumnya, Borneo Extravaganza pernah dilakukan di Jakarta pada tahun 2004, 2006, dan 2012 serta di Bali pada tahun 2008 dan 2010.
Resource Credit

Comments

Popular Posts